PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang beranekaragam

dan merupakan negara yang kaya akan budayanya di dunia. tentu dengan adanya pernyataan ini kita selaku warga negara indonesia pasti bangga mengakuinya, tetapi semua itu wajib kita dukung dengan berbagai macam cara yang mampu menjaga bahkan mengembangkan semua kebudayaan yang ada di indonesia. salah satu contoh yang paling mudah yaitu, dengan cara menggunakan produk dalam negeri sendiri. Hal ini menunjukan bahwa kita sangat mencintai Indonesia.

Salah satu contoh yang mencerminkan perkembangan indonesia adalah dalam bidang pembangunan yang menerapkan teknologi maju. Masyarakat Indonesia dewasa ini sedang mengalami masa pancaroba yang amat dahsyat sebagai akibat tuntutan reformasi secara menyeluruh. Sedang tuntutan reformasi itu berpangkal pada kegiatan pembangunan nasional yang menerapkan teknologi maju untuk mempercepat pelaksanaannya. Di lain pihak, tanpa disadari, penerapan teknologi maju itu menuntut acuan nilai-nilai budaya, norma-norma sosial dan orientasi baru. Tidaklah mengherankan apabila masyarakat Indonesia yang majemuk dengan multi kulturalnya itu seolah-olah mengalami kelimbungan dalam menata kembali tatanan sosial, politik dan kebudayaan dewasa ini. Penerapan teknologi maju untuk mempercepat pebangunan nasional selama 32 tahun yang lalu telah menuntut pengembangan perangkat nilai budaya, norma sosial disamping ketrampilan dan keahlian tenagakerja dengn sikap mental yang mendukungnya. Penerapan teknologi maju yang mahal biayanya itu memerlukan penanaman modal yang besar (intensive capital investment); Modal yang besar itu harus dikelola secara professional (management) agar dapat mendatangkan keuntungan materi seoptimal mungkin; Karena itu juga memerlukan tenagakerja yang berketrampilan dan professional dengan orientasi senantiasa mengejar keberhasilan (achievement orientation).

Contoh di atas menunjukan bahwa Indonesia benar-benar mengikuti perkembangan zaman yang ada, namun indonesia juga memiliki keteledoran yang mengakibatkan sebagian besar kebudayaan yang indonesia miliki diklaim oleh negara lain. Seperti batik Indonesia yang diakui milik negara malaysia, reog ponorogo, tarian, makanan, dan lain sebagainya. Ini menunjukan bahwa indonesia masih kurang sigap, buktinya saja para menteri kebudayaan Indonesia baru bertindak setelah terjadi masalah tersebut, seharusnya mereka sudah siap siaga sebelum tejadi hal tersebut. Dan mereka pun tidak sadar bahwa ada pulau di Indonesia yang bisa diperjual-belikan, setelah ada situs yang menunjukan hal tersebut baru mereka bertindak.

Saya selaku generasi muda ingin sekali menjaga kebudayaan yang ada di Indonesia, bahkan saya pun berniat ingin mengembangkannya. karena saya tidak ingin negara saya yang tercinta ini yaitu Indonesia menjadi negara yang terpuruk di dunia.

This entry was posted in tugas ekonomi koperasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s